Sony Xperia 10 ii
Sony Xperia 10 ii

Sony Xperia 10 ii Review lengkap 2021

Sony Xperia 10 ii Review

Desain dan penanganan, tampilan dan audio, antarmuka pengguna

Ringkasan Sony Xperia 10 ii

Sony Xperia 10 ii – Sudah lama sejak Sony Mobile terakhir kali membawa perangkat kelas menengahnya. Apalagi setelah mengumumkan “kabur” pasar di seluruh dunia. Percikan besar terakhir yang mereka buat di sini adalah produk unggulan tahun lalu, Sony Xperia 1. Itu memiliki layar OLED 4K dan prosesor kelas atas saat itu.

Sejauh ini, fast forward adalah versi kedua dari seri smartphone Sony Xperia 10, yaitu Sony Xperia 10 ii kelas menengah. Pada dasarnya, Sony menganggapnya telah menurunkan pengalaman pengguna, jadi ini adalah ponsel yang sama dengan pendahulunya, tetapi dengan beberapa bagian yang ditingkatkan. Fitur-fitur yang dihadirkan kembali meliputi layar 6 inci, rasio layar 21:9, panel OLED beresolusi Full HD+. Ini mengikuti rasio aspek sebagian besar film dan memungkinkan Anda melihat lebih banyak konten vertikal secara sekilas.

Ruang tampilan yang lebih vertikal sangat ideal untuk membaca email, membaca dokumen, dan melihat lebih banyak umpan media sosial. Layar juga memiliki multi-jendela. Ini adalah fitur yang memungkinkan Anda meluncurkan dua aplikasi sekaligus untuk multitasking. Di bagian bawah layar, chipset Qualcomm Snapdragon 665 dan baterai 3.600mAh memberi daya pada panel film.

Meskipun memasarkan posisi kelas menengah dan tampilan yang tajam, Sony Xperia 10 ii juga dilengkapi dengan beberapa fitur unggulan lainnya. Sebagai contoh, saya menggunakan Gorilla Glass 6. Ini memiliki ketahanan 1,5 kali lipat dari produk kaca tradisional dan merupakan jenis kaca yang sama dengan seri premium Samsung Galaxy S20.

Selain daya tahannya, ia memiliki peringkat tahan air bersertifikat IP65/68. Ini adalah peningkatan yang signifikan dibandingkan model sebelumnya yang memiliki resistensi yang tidak dinilai. Ini juga memiliki sistem tiga kamera di bagian belakang, yang memiliki satu lensa lebih banyak dari model sebelumnya.

Info Menarik Lainnya :   Sony Xperia 10 Plus, Harga dan Spesifikasi lengkap 2021

Spesifikasi Lengkap

  • Sistem operasi Android10
  • Prosesor Qualcomm Snapdragon 665
  • Memori internal RAM 4 GB
  • Layar 6,0 inci / 2.520 x 1.080 piksel (456 ppi) / layar OLED
  • Kamera belakang: 12MP, ukuran sensor 1/2,8 inci, f / 2.0, 77° FOV 8MP, teleskop, ukuran sensor 1/4 inci, f / 2.4, 45° FOV 8MP sudut super lebar, ukuran sensor 1/4 inci, f / 2.2, 120 ° FOV
  • Depan: 8MP, ukuran sensor 1/4 inci, f / 2.0, lampu kilat layar, HDR, SteadyShot, selfie potret, rana tangan, rana senyum, mode manual
  • Konektivitas Wi-Fi 802.11a / b / g / n / ac (2.4GHz, 5GHz), NFC, Bluetooth 5.0, A-GNSS (GPS + Glonass), Google Cast
  • Jenis penyimpanan 128GB Penyimpanan internal Slot kartu MicroSD (hingga 1TB)
  • Baterai 3,600mAh Xperia Adaptive Charging, Perawatan Baterai, Mode STAMINA
  • Dimensi 157 x 69 x 8.2mm
  • Berat 151g

Desain dan penanganan

Saya memeriksa situs web resmi dan menemukan bahwa Sony Xperia tidak memiliki nama mencolok dari bahasa desain yang digunakan pada Xperia 10 II. Namun, mudah untuk jatuh cinta dengan estetika mereka, karena mereka memilih tampilan yang bersih dan elegan yang merupakan ciri khas dari identitas desain Sony Mobile.

Dengan demikian, ia memiliki bodi yang tinggi dan sedikit sempit dengan layar yang ditempatkan di sekitar bezel tipis di semua sisi ponsel. Saya jarang berbicara secara visual. Dengan perangkat menghadap Anda, tombol daya di sebelah kanan berfungsi ganda sebagai sensor sidik jari dan berada di bawah loker volume.

Ada speaker panggilan di “dagu” atas dan kamera depan berdekatan. Port jack audio 3,5mm ada di kiri atas perangkat, dan tepi kiri adalah penutup pada baki kartu nano-SIM ganda dengan slot kedua hybrid yang memungkinkan Anda mengambil kartu microSD jika diperlukan. Port USB Type-C standar berada di tengah di tepi bawah dengan speaker tunggal yang sangat tersembunyi.

Info Menarik Lainnya :   10 Rekomendasi Hp harga 1 Jutaan Terbaik tahun 2021

Terlepas dari estetika umumnya, pilihan untuk membuat smartphone dengan tampilan yang tenang sangat cocok dengan tampilan dan nuansa Xperia 10 ii. Selain tampilannya yang praktis, juga tahan lama dengan Gorilla Glass 6 dan tahan air bersertifikat IP65/68.

Tampilan dan audio

Layarnya adalah panel OLED 6,0 inci dengan resolusi Full HD + (resolusi 2.520 x 1.080 piksel) dengan rasio aspek 21:9. Rasio ini sama dengan produk unggulan Xperia 1 dan Xperia 1 ii, dan sejalan dengan keinginan Sony untuk memberikan pengalaman menonton sinematik di ponsel.

Dari gambar uji, Anda dapat melihat bahwa itu tajam dengan pewarnaan dan pemrosesan kontras yang sangat baik. Satu-satunya keluhan adalah bahwa kecerahan maksimum panel relatif rendah, sehingga sulit untuk menjelajah di bawah sinar matahari langsung bahkan di sore hari.

Meskipun resolusi vertikal 1080p (saat dipegang dalam mode lansekap), tampilannya terasa indah. Saya dapat memutar konten 60FPS di YouTube tanpa masalah. Jika Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda di ponsel untuk mengunduh atau menonton video dari sumber online, Xperia 10 II cocok untuk Anda.

Namun, tanda tangan pembicara yang membengkak menunjukkan kualitas visual telepon, jadi ada baiknya untuk menghubungkannya ke headphone favorit Anda untuk audio.

Antarmuka pengguna

Sony Xperia 10 ii bekerja pada Android 10. Pilihan antarmuka Sony terkait erat dengan cara informasi diatur dan disajikan. Pada dasarnya, tidak ada banyak perbedaan antara tampilan favorit Sony dan Android standar. Secara khusus, gunakan font khusus dengan menu khusus dan pemberitahuan unik serta menu tarik-turun.

Menu SideSense di layar beranda.

Kustomisasi bersih Sony adalah SideSense, yang membuatnya lebih mudah digunakan dengan satu tangan. Side Sense adalah laci aplikasi mini yang dapat diedit yang dapat dipanggil dengan ketukan dua kali di sepanjang sisi perangkat.

Ini memungkinkan pengguna dengan cepat beralih ke aplikasi favorit mereka dengan satu tangan. Anda dapat memilih dan menelusuri umpan media sosial dengan satu tangan, atau membuka aplikasi perpesanan dengan satu tangan (dengan ibu jari kedua tangan) untuk mulai membalas pesan sebelum Anda mulai menulis balasan.

Info Menarik Lainnya :   6 Smartphone Samsung M Series Terbaru Di 2021

Multi-Windows.

Fitur hebat lainnya adalah multi-windows. Xperia 10 ii memanfaatkan sepenuhnya rasio aspek layar 21:9 dengan menempatkan dua aplikasi satu di atas yang lain. Cukup luncurkan aplikasi multi-jendela dan Anda dapat memilih antara dua aplikasi dan orientasinya. Terutama jika Anda perlu menelusuri kotak masuk email dengan cepat saat mengirim pesan ke orang lain, atau jika Anda ingin melakukan banyak tugas antara menonton video dan mengirim balasan ke orang lain.

Selain daftar fitur pengalaman pengguna. Ponsel ini memiliki baki kartu nano-SIM ganda dengan slot kedua yang dapat menangkap media penyimpanan yang dapat diperluas (kartu microSD). Dan juga memiliki jack audio 3,5mm. Ponsel kelas menengah dan kelas atas. Fitur-fitur ini berarti bahwa telepon memenuhi kebutuhan Anda (headphone berkabel, lebih banyak penyimpanan) dan bukan sebaliknya (hanya nirkabel dan opsi penyimpanan cloud untuk ekspansi).

Namun, tidak semua pengalaman pengguna Sony Xperia 10 II bagus dan keren. Jika Anda menggunakan PIN untuk membuka kunci ponsel, Anda masih perlu menekan Enter di ponsel (Anda selalu bisa mendapatkannya dengan prosedur ini), bahkan jika Anda telah mengetikkan kombinasi yang benar.

Membuka kunci sidik jari jauh lebih masuk akal karena Anda tidak perlu menyalakan layar untuk meluncurkan layar beranda. Namun, deteksi cetak bisa sedikit rumit, dan ada kemungkinan 50-50 bahwa ponsel tidak akan mengenali sidik jari yang direkam. Ini bertentangan dengan tingkat keberhasilan membuka kunci perangkat dengan sensor sidik jari tradisional.

Akhirnya, ada penundaan yang nyata dalam peluncuran aplikasi, memuat situs web, dan meluncurkan feed media sosial untuk menjelajah. Permainan memuat lebih lama dan kecepatan frame terkadang turun, tetapi bit ini cukup untuk membuatnya menonjol dalam penggunaan sehari-hari.

Xperia lainya: Rekomendasi Sony Xperia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *