Ulasan Sony Xperia 10
Ulasan Sony Xperia 10

Ulasan Sony Xperia 10, Terbaru dan Terlengkap 2021

Ulasan Sony Xperia 10

Ulasan Sony Xperia 10 – Sony adalah salahsatu perusahaan yang mampu bersaing di segmen Hp dengan harga 3 Jutaan yang ssat ini menjadi trending. Sony telah meriliease Xperia 10, Namun apakah memang Hp ini benar – benar memenuhi kriteria persaingan di Hp 3 Jutaan. Coba kita lihat lebih detil mengenai keunggulan dan kekurangan Smartphone ini: So, Langsung aja kita simak penjelasan dibawah ini.

Desain dan tampilan

Sony Xperia 10 , Memang menonjol dengan desain kelebihan Panjang dan tipis. hal ini merupakan kelebehihan dari desain Khas Sony. Ponsel ini berukuran 6,1 x 2,7 x 0,3 inci (HWD) dan hadir dalam ukuran 5,7 ons. Di bagian depan adalah layar 6 inci dengan rasio aspek 21:9 yang unik. Bezel dibuat seminimal mungkin kecuali bagian atas yang tebal tempat lampu notifikasi, earpiece, dan kamera depan dipasang.

Bagian belakang ponsel terbuat dari Chasing polikarbonat tipis yang membungkus layar. Terlihat ramping, tetapi terasa murah di ponsel seharga 3 jutaan. Flash yang ditempatkan secara mencolok ada di bagian atas panel belakang. Di bawahnya terdapat modul kamera persegi panjang untuk sensor ganda yang sedikit menonjol dari bodi. Ada juga logo yang menonjol untuk Sony dan Xperia. Ponsel tersedia dalam warna hitam atau perak.

Terdapat jack 3.5mm di bagian atas dan slot hybrid SIM/microSD di sebelah kanan yang dapat dibuka dengan mudah tanpa kunci SIM. Di sisi kiri ponsel, selain sensor sidik jari, terdapat tombol power dan tombol volume. Sensor sidik jari ditempatkan dengan benar dan akurat, tetapi tidak nyaman bagi orang kidal. Kami juga menemukan bahwa volume sangat tipis dan sulit untuk ditekan. Port pengisian daya USB-C dan speaker berada di bagian bawah ponsel.

Info Menarik Lainnya :   Sony Xperia 1 ii review gaming

LCD 6 inci memiliki rasio aspek 21:9 dan resolusi 1.080 x 2.560 piksel. Kerapatan pikselnya adalah 463ppi. Pengujian telah menunjukkan bahwa white balance dapat dengan mudah disesuaikan dalam pengaturan, tetapi warnanya sedikit desaturasi di semua mode. Sony Xperia 10 memakai rasio 21: 9 menampilkan lebar untuk streaming multimedia dan perekaman video.

Jaringan dan audio

Seperti saudara kandungnya yang lebih besar, Xperia 10 Plus, Xperia 10 tidak terkunci dan berfungsi dengan AT & T, T-Mobile, dan Verizon. Mendukung pita LTE 1/2/3/4/5/7/8/12/13/17/25/28/29/66. Telepon bekerja dengan baik pada kecepatan 38Mbps dan kecepatan 28Mbps pada jaringan.

Kualitas panggilan bagus. Dalam uji panggilan, Saat berdiri di jalan, saya mendengar beberapa suara di latar belakang, tetapi peredam bising menghalangi sebagian besar suara keras. Saya kesulitan mendengar orang lain di jalan yang sibuk, tetapi lubang suara 83dB berfungsi dengan baik di sebagian besar situasi.

Wi-Fi didukung di pita 2.5GHz dan 5GHz. Bluetooth 5.0 disertakan untuk audio dan koneksi yang dapat dikenakan. Ada juga NFC untuk pembayaran nirkabel dan berbagi kontak.

Masih banyak permintaan untuk dua speaker api bawah Xperia 10. Volume puncak tercatat pada 83 dB. Ini seharusnya cukup keras untuk panggilan konferensi dan streaming multimedia. Selanjutnya, Xperia 10 memiliki jack 3.5mm dan audio Qualcomm XHD apt untuk headphone Bluetooth.

Ulasan Sony Xperia 10 – Performance

Xperia 10 berbagi RAM 3GB dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 630 yang sama dengan pendahulunya, Sony Xperia XA2. Dengan penyimpanan 64GB, 48GB sudah tersedia. Jika Anda membutuhkan ruang tambahan, Anda dapat menambahkan hingga 512GB melalui slot microSD.

Performanya biasa-biasa saja. Pengujian telah menunjukkan bahwa dibutuhkan beberapa detik untuk membuka aplikasi. Dengan lebih dari setengah lusin aplikasi terbuka, multitasking melambat secara signifikan dan bahkan macet saat beralih antara aplikasi kamera dan browser.

Info Menarik Lainnya :   Sony Xperia L4 Review dan Harga Lengkap 2021

Sony Xperia 10 mencetak 5.101 poin pada PCMark 2.0, serangkaian tes yang meniru pekerjaan normal sehari-hari. Ini lebih murah daripada Nokia 7.1 dengan harga yang sama (6.224) dan Moto G7 yang lebih murah (6.181). X10 juga tidak cocok untuk game.

Saya bermain dan menguji Asphalt 8. Butuh lebih dari 4 menit untuk membuka aplikasi untuk pertama kalinya. Gameplay terganggu oleh frame yang dilewati dan sesekali glitch. Hal positifnya adalah masa pakai baterai berkurang hanya 11% selama satu jam gameplay.

Omong-omong, baterai 2.780mAh memberi daya pada Xperia 10. Meskipun Android Pie dan Sony memiliki fitur penghemat baterai bawaan, masa pakai baterai X10 masih luar biasa. Dalam uji lab streaming video dalam kecerahan penuh melalui Wi-Fi, baterai benar-benar habis setelah 5 jam 30 menit.

Ini jauh di belakang Moto G7 murah (9 jam 58 menit). Jika Anda ingin mengorbankan kinerja dan memperpanjang masa pakai baterai, Anda dapat menggunakan mode stamina dan mode ultra stamina. Pengisian cepat dimungkinkan dengan daya yang disertakan, tetapi tidak ada opsi pengisian nirkabel.

Ulasan Sony Xperia 10 – Camera

Xperia 10 memiliki susunan kamera ganda belakang dengan sensor utama 13MP dengan aperture f / 2.0 dan lensa sekunder 5MP dengan aperture f / 2.4 untuk pemetaan kedalaman. Kamera selfie 8MP dengan bukaan f/2.4 terletak pada bezel di bagian atas layar.

Sony telah membuat beberapa penyesuaian pada aplikasi kamera bawaan. Perbedaan utamanya adalah kamera dapat mengambil gambar dan video dalam bidikan sudut lebar 21:9. Ada beberapa mode untuk pemotretan yang lebih kreatif, seperti potret selfie, efek kreatif, filter kecantikan, dan fitur kelembutan kulit yang diaktifkan secara default di pengaturan.

Info Menarik Lainnya :   Review Samsung Galaxy A, Harga dan Spesifikasi

Saya menemukan bahwa kamera belakang baik-baik saja bahkan di bawah sinar matahari. Gambar ukuran penuh menunjukkan keburaman dan kehilangan detail, tetapi rentang dinamisnya bagus. Namun, di tempat gelap, kualitas gambar akan langsung menurun. Bidikan cahaya rendah buram dan memiliki banyak kebisingan latar belakang.

Kamera depan juga dapat digunakan di bawah sinar matahari. Akurasi warna bagus pada bidikan uji, tetapi detailnya terlihat hilang saat melihat gambar dalam ukuran penuh. Foto di tempat gelap tidak bagus dan memiliki banyak noise dan blur di latar depan.

Filter kecantikan tidak berfungsi sebaik Xperia 10 Plus, tetapi Anda dapat dengan mudah menyesuaikan ukuran mata, bentuk wajah, dan kecerahan kulit. Latar belakang mungkin buram tidak merata, atau subjek mungkin buram pada beberapa bidikan.

Sytem Operasi

Xperia 10 dikirimkan dengan Android 9.0 Pie dengan UI khusus Sony. Sony akan menambahkan beberapa perubahan berguna pada ponsel, seperti Side Sense, fitur yang memberi Anda akses cepat ke aplikasi dan pengaturan yang sering digunakan dari ikon di samping layar.

Sony memiliki rekam jejak yang cukup baik dengan pembaruan perangkat lunak, tetapi tidak ada jaminan bahwa Xperia 10 akan ditingkatkan ke Android Q ketika mulai dijual akhir tahun ini. Jika penting untuk memperbarui UI dengan cepat dan sering, smartphone Android One seperti Nokia 7.1 adalah pilihan yang lebih baik.

Kesimpulan

Sangat menyenangkan melihat ponsel kelas menengah lainnya di pasar, tetapi Sony Xperia 10 belum melakukan apa pun untuk memajukan kategori ini. Kecuali tampilan, hampir sama dengan karya sebelumnya, jadi saya merasa seperti menggunakan ponsel tahun lalu.

Sony Lainnya: Rekomendasi Sony Xperia

Leave a Reply

Your email address will not be published.