Ulasan MacBook Pro 2021
Ulasan MacBook Pro 2021

Ulasan MacBook Pro 2021, Lengkap!

Ulasan Lengkap MacBook Pro 2021

Ulasan MacBook Pro 2021 Melihat MacBook Pro 13-inci baru Apple, yang dijual seharga Rp.20 jutaan. Laptop sekilas terlihat sama dengan model yang lama dan memiliki port yang sama. Ada jack headphone di sisi kanan dan dua port Thunderbolt 3 di sisi kiri. Port Thunderbolt berfungsi ganda sebagai port USB4, tetapi perubahannya sangat halus. Faktanya, MacBook Pro ini adalah lompatan terbesar yang diambil Apple dalam 14 tahun. Perbedaannya terlihat dari saat Anda menyalakan mesin dan mewakili era baru MacBook Pro, yang menguntungkan semua orang yang memilikinya.

Semuanya dalam Satu Komponen

MacBook Pro dari Apple adalah yang pertama dari tiga komputer dengan M1 SoC (system-on-chip) barunya. Chip kustom Apple telah memberi daya pada iPhone dan iPad sejak 2010, tetapi bagian komputer memakai chip Intel sejak 2006.

Sedikit masalah karena prosesor Intel belum terlihat memiliki peningkatan yang signifikan dari tahun ke tahun dan dirilis dengan jadwal yang sedikit tidak tetap. Apple terpaksa menunggu Intel sebelum memperbarui komputer Mac-nya, tetapi chip iPhone dan iPad jauh lebih cepat dan dirilis pada jadwal yang ditentukan.

Chip kustom Apple dioptimalkan untuk bekerja dengan perangkat keras Apple saja. Apple tidak harus bersaing untuk mendapatkan pasokan komponen yang tersedia secara terbatas, tetapi dapat membangun prosesor yang menggerakkan komputer yang ingin dibuatnya.

Membuat chip yang sama sekali baru di salah satu komputer yang paling penting bagi Apple merupakan taruhan besar, tetapi setelah menghabiskan beberapa waktu, tidak berlebihan untuk mengatakan bahwa kerja keras Apple membuahkan hasil. MacBook Pro baru adalah salah satu komputer terbaik secara sejarah yang pernah diproduksi Apple.

Info Menarik Lainnya :   Ulasan MacBook Air M1 2021

Ulasan MacBook Pro 2021 – Performa

SoC (System on Chip) seri-A seluler Apple terbukti melampaui chip desktop Intel selama beberapa tahun, tetapi M1 MacBook Pro baru telah memperlebar kesenjangan itu secara signifikan.

Ini mencakup prosesor 8-inti yang terdiri dari empat core “kinerja” yang dirancang untuk beban kerja yang sangat cepat dan berat dan empat core “efisiensi” yang sedikit lebih lambat tetapi mengkonsumsi lebih sedikit daya. M1 dapat mengubah inti yang digunakan berdasarkan apa yang dijalankan secara real time, sehingga komputer selalu terasa cepat, tetapi tidak mengkonsumsi daya ekstra.

M1 adalah chip kompleks yang berisi lebih dari sekadar prosesor. MacBook Pro juga dilengkapi dengan chip grafis 8-Core yang telah disejajarkan dengan grafik Card kelas atas Nvidia dan AMD. Salah satu alasan peningkatan kinerja ini adalah karena prosesor, kartu grafis, dan memori komputer berada dalam satu chip, bukan komponen yang terpisah.

Tes objektif ini penting, tetapi menggunakan MacBook Pro terbukti menjadi langkah yang tepat bagi Apple untuk pindah ke sistemnya sendiri pada chip. Anda dapat mengedit rekaman video 8K tanpa gangguan. Atau mengedit foto resolusi tinggi, tetapi butuh beberapa detik untuk menerapkan efek kompleks. Seluruh pengalaman menggunakan komputer terasa lebih cepat.

Chip tersebut berisi memori sistem komputer, sehingga prosesor dan chip grafis dapat diakses lebih cepat. Anda dapat bekerja 100% secara efisien dan tidak melihat adanya pelambatan. Dalam hal tenaga, MacBook Pro yang ditenagai M1 dapat melakukan jenis pekerjaan yang membutuhkan mesin yang jauh lebih mahal. Langkah ini membuat Mac menjadi platform yang jauh lebih layak untuk materi kerja profesional dengan anggaran terbatas. MacBook Pro tidak akan pernah murah secara objektif, tetapi komputer 13 inci baru ini sangat berharga.

Info Menarik Lainnya :   2 Jenis Asus VivoBook Untuk yang Suka Jalan dan Ngonten

Ulasan MacBook Pro 2021 – Apple App

Sementara M1 mewakili era baru perangkat keras Mac, M1 juga mengantarkan era yang bisa menjadi zaman keemasan perangkat lunak Mac. Chip baru ini akan memungkinkan aplikasi iPhone dan iPad berjalan di Mac, membuka platform untuk puluhan ribu perangkat lunak baru.

Aplikasi iOS yang berjalan secara native di Mac berarti bahwa pengembang kecil hanya perlu membuat satu perangkat lunak untuk berjalan di semua perangkat keras Apple. Jika Anda memiliki aplikasi di ponsel cerdas Anda dan ingin menginstalnya di komputer Anda, masa depan ada di sini.

Mac dengan chip M1 hadir dengan kerangka kerja Apple yang disebut Rosetta 2. Ini menerjemahkan kode yang ditulis untuk prosesor Intel sehingga dapat dijalankan pada mesin baru ini. Hasilnya sangat bagus. Butuh beberapa saat untuk menjalankan aplikasi untuk pertama kalinya, tetapi setelah itu tidak ada perbedaan apa pun.

Aplikasi yang dioptimalkan seperti Apple Safari dan versi awal Pixelmator Pro terasa cepat seperti Slack, Firefox, Tweetbot, dan Chrome. Tidak ada crash acak dalam aplikasi ini dan tidak ada masalah kompatibilitas perangkat lunak. Aplikasi yang ditulis ulang pasti hemat sumber daya, tetapi mendapatkan M1 Mac tidak memperlambat Anda saat menjadi pengembang. Sangat menarik untuk memikirkan semua aplikasi khusus iOS yang menjadikan Mac Anda platform yang lebih modern.

Daya tahan baterai sepanjang hari.

Klaim Apple tentang masa pakai baterai laptop selalu cerah, tetapi tahun ini semuanya menghilang. Menurut perusahaan, komputer ini mampu menjelajah web nirkabel hingga 17 jam dan memutar video selama 20 jam dengan sekali pengisian daya.

Ini mungkin terjadi jika Anda menggunakan aplikasi yang dioptimalkan M1 secara eksklusif (terutama browser web Safari Apple), menjaga layar Anda pada kecerahan sedang, dan tidak menghubungkan aksesori Bluetooth. Tapi kebanyakan dari kita tidak bekerja seperti itu. Hasil saya sangat bervariasi tergantung pada bagaimana mesin digunakan.

Info Menarik Lainnya :   Asus ROG Zephyrus G15 Laptop Andalan Republik Of Gamers

Anggap saja seperti membuka banyak browser, menguji pengeditan video dan foto, dan menjalankan kombinasi aplikasi yang dioptimalkan dan yang tidak dioptimalkan. MacBook Pro bertahan lima setengah jam sebelum perlu mencolokkannya. Masih cukup waktu.

Pekerjaan profesional dengan aplikasi yang tidak ditulis untuk M1 akan mempersingkat masa pakai baterai. Perlu dicatat bahwa masa pakai baterai ini lebih baik daripada yang Anda dapatkan dari laptop Apple generasi sebelumnya dan dapat meningkat saat aplikasi Anda diperbarui.

Suara Nyaris Tidak Terdengar

Yang paling berkesan tentang menggunakan MacBook Pro baru bukanlah kecepatannya atau potensi kebangkitan perangkat lunak di Mac, tetapi seberapa tenangnya. Anda bisa mengekspor video 8K sambil memutar video YouTube dan beralih browser, tetapi komputer hanya berbisik pelan. Kecepatan dapat bervariasi, tetapi jika Anda meningkatkan ke mesin baru, ini adalah fitur yang sangat disambut baik.

Apple telah mendesain ulang sistem pendingin untuk MacBook Pro 16 inci untuk mengurangi kebisingan dan mendinginkan komputer secara lebih efektif, tetapi tidak ada tanda-tanda akan melakukannya di sini. MacBook Pro 13 inci hanya memiliki “sistem pendingin aktif.”

Kesimpulan

MacBook Pro 13-inci baru Apple adalah laptop tercepat dalam sejarah perusahaan dan menandai awal dari era baru dalam sejarah Mac. Jika sebelumnya Anda memiliki laptop kelas atas Apple, mesin baru ini dapat memenuhi kebutuhan Anda dengan biaya yang jauh lebih rendah. Jika Anda seorang pelajar atau pekerja kantoran yang mencari mesin yang tahan bertahun-tahun, Anda tidak perlu mencari lagi.

Laptop Lainnya: Laptop Terbaik 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published.