Kamera DSLR Untuk Pemula
Kamera DSLR Untuk Pemula

Kamera DSLR Untuk Pemula, Rekomendasi Terbaik 2021

Kamera DSLR Untuk Pemula, Rekomendasi Terbaik 2021

Kamera DSLR Untuk Pemula – Pabrikan kamera saat ini membanjiri segmen entry-level dengan pilihan menarik. Namun, dari itu saja bisa menyulitkan pembeli pertama kali untuk menentukan kamera mana yang terbaik untuk mereka. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, seperti harga, kinerja, dan kemudahan penggunaan.

Juga, saat mengupgrade fokus otomatis atau ringkas, opsi terbaik akan bergantung pada fitur mana yang paling penting. Daftar ini adalah kompilasi dari opsi yang paling ramah anggaran dan banyak fitur dari berbagai produsen kamera di pasaran saat ini.

Untuk memberi Anda kepercayaan diri dan mengetahui mana dari lusinan kandidat teratas yang tersedia saat ini. So, langsung aja kita simak beberapa Kamera DSLR Untuk Pemula yang akan nakula.id rekomendasikan.

Canon EOS Rebel T100 / EOS 4000D

"<yoastmark

Canon Rebel T100 adalah DSLR stripback entry level terbaru dari Canon. Dilengkapi dengan sensor CMOS 18 megapiksel, prosesor gambar DIGIC 4+, video full HD 1080p hingga 30 fps, dan koneksi nirkabel.

Menggunakan sistem AF 9-Point,  dimana post central-most compatible dengan cross-type. Daya tahan baterai rata-rata dengan 500 putaran shoots dengan sekali pengisian daya. Dengan baterai dan kartu SD terpasang, tentunya! Beratnya 436 g, menjadikan kamera ini menjadi salah satu SLR paling ringan dari Canon, hampir seringan SL3.

Kamera juga bisa dioperasikan dengan mode otomatis kreatif Canon. yang memungkinkan pengguna untuk mencapai tampilan yang diinginkan hanya dengan menggesek penggeser untuk mengubah keburaman latar belakang. Mode ini juga secara virtual menghilangkan kebutuhan untuk memahami pengaturan kamera yang diperlukan untuk memberikan estetika tertentu pada gambar.

Secara keseluruhan, Canon Rebel T100 bisa dibilang sebagai SLR termurah di pasaran hingga saat ini. Sederhana, dan anda tidak bisa mengeluh di sini tentang kinerja yang ditawarkan, bagi anda pengguna yang sadar anggaran dengan harga ini. Untuk informasi harganya sendiri di bandrol Rp. 6jutaan (lengkap dengan kit standar)

Kamera DSLR Untuk Pemula- Nikon D3500

Nikon D3500
Nikon D3500

Nikon D3500 adalah entri-level terbaru dalam seri D3000. Dan ini adalah kamera yang Nikon tuju untuk pemula yang mencari upgrade fotograsi dari smartphone. kamera ini dilengkapi dengan sensor CMOS 24,2 megapiksel, prosesor gambar EXPEED 4, video full HD 1080p hingga 60 fps, dan koneksi Bluetooth.

Kamera ini menggunakan sistem autofokus 11 titik dengan pelacakan 3D yang dinamis. Ini adalah kombinasi yang biasanya dimiliki Nikon untuk model profesional kelas atas. Dengan pelacakan 3D, titik AF kamera bekerja sama untuk sangat meningkatkan akurasi kamera saat melacak subjek.

Ini juga salah satu dari sedikit kamera entry-level dengan filter anti-aliasing (AA) yang dihapus dari sensor, memberikan resolusi kamera yang persis sebanding dengan D500 andalan Nikon. Kamera ini juga memiliki masa pakai baterai terdepan di kelasnya, dengan mudah memberikan 1.550 bidikan dengan sekali pengisian daya.

Secara keseluruhan, D3500 adalah kamera sederhana, tetapi menawarkan kualitas gambar yang luar biasa dan tentunya menjadi pilihan entry-level teratas dari Nikon saat ini. Anda bisa memilikinya dengan harga Rp. 5jutaan di banyak platform digital.

Kamera DSLR Untuk Pemula – Pentax K-70

"<yoastmark

Pentax K-70 adalah kamera yang dijual Pentax ke pasar fotografi outdoor. K-7 memiliki sensor CMOS 24,2 megapiksel tanpa filter anti-aliasing, video full HD 1080p hingga 60 fps, dan stabilisasi gambar. Kamera ini juga dilengkapi layar 3,0 inci yang sepenuhnya diartikulasikan, time-lapse, HDR, eksposur ganda, pemotretan burst 6 fps, input mikrofon, penyegelan cuaca, dan konektivitas nirkabel.

Info Menarik Lainnya :   Rekomendasi 5 Camera GoPro Terbaik

Kamera ini menggunakan sistem autofokus hybrid 11 titik, 9 di antaranya kompatibel dengan Cross-type. Sistem ini menggabungkan sistem kontras tradisional dengan sistem deteksi fase untuk meningkatkan akurasi. Namun, masa pakai baterai rata-rata 480 bidikan dengan sekali pengisian daya.

Namun, Pentax memiliki fungsi stabilisasi gambar pada kamera ini, yang mengoreksi stabilisasi gambar. Selain itu, ada mode resolusi pergeseran piksel. Dalam mode ini, stabilizer digunakan untuk menggabungkan empat gambar di kamera untuk detail yang sangat halus dan warna yang lebih baik, fitur yang langka di kelas ini.

Secara keseluruhan, Pentax K-70 adalah kamera yang kokoh dan kuat untuk para pemula, dikemas dengan fitur-fitur inovatif. Pentax dikenal menyediakan segmen entry-level dengan fitur kelas atas yang biasanya disediakan untuk model premium. Dan K-70 tidak terkecuali.

Kombinasi mode resolusi pergeseran piksel dan desain tahan cuaca menjadikannya pilihan yang sangat menarik bagi mereka yang menikmati alam dan lanskap. Kamer aini di bandrol dengan harga 12jutaan.

Canon EOS 77D / EOS 9000D

"<yoastmark

Canon 77D adalah penerus T6S yang sangat populer dan merupakan kamera yang ditawarkan Canon sebagai opsi tambahan dalam jajaran produk kelas menengah bawah. Kamera ini dilengkapi dengan sensor CMOS 24,2 megapiksel, prosesor gambar DIGIC 7, dan video full HD 1080p hingga 60fps. Ini juga dilengkapi layar sentuh artikulasi penuh 3,0 inci, stabilisasi digital, input mikrofon, dan konektivitas nirkabel.

Sistem autofokus semua titik 45 titik dengan AF CMOS piksel ganda terkenal dari Canon digunakan untuk fokus yang halus dan andal. Menjadi kamera seri Rebel pertama yang secara resmi mendapatkan fitur kelas atas ini. Daya tahan baterai adalah 600 bidikan dengan sekali pengisian daya, tidak ada masalah di kelasnya.

Namun, apa yang hebat dari kamera ini adalah antarmuka penggunanya yang luar biasa, yang membuatnya mudah dan gampang dipelajari. Kamera ini juga menyediakan sistem fokus otomatis yang menyediakan pelacakan subjek dengan sangat baik, mencapai fokus sinematik semudah mengetuk layar.

Secara keseluruhan, dalam banyak hal, Canon 77D adalah versi modern dan ramah anggaran dari 80D yang sangat populer. Paket yang ringan dan ringkas, Anda mendapatkan banyak fitur semi-profesional canggih. Tetap saja, itu tetap dengan harga yang terjangkau, cocok untuk pemula. Untuk informasi kamera ini memiliki harga Rp. 9jutaan.

Canon EOS Rebel T7i / EOS 800D

Canon EOS Rebel T7i / EOS 800D
Canon EOS Rebel T7i / EOS 800D

Canon’s Rebel T7i adalah blockbuster lain dari jajaran SLR Rebel entry-level, melanjutkan tradisi dan prinsip abadi di baliknya. Produk ini dilengkapi dengan sensor CMOS 24,2 megapiksel, prosesor gambar DIGIC 7, dan video full HD 1080p hingga 60fps. Ini juga dilengkapi layar sentuh 3.0 yang sepenuhnya diartikulasikan, stabilisasi gambar elektronik, HDR, film selang waktu, input mikrofon, dan konektivitas nirkabel.

Kamera ini menggunakan sistem AF all-cross 45 titik dengan AF CMOS piksel ganda yang diakui Canon, dan memiliki pengaturan yang sama dengan 77D. Dan untuk mendapatkan sistem autofokus kelas atas ini, kami menandai kamera kedua di jajaran Rebel.

Namun, daya tahan baterainya rata-rata yaitu 600 bidikan dengan sekali pengisian daya. Namun, Canon memiliki antarmuka fitur bantuan, yaitu fitur pada kamera yang menjelaskan secara sederhana dan canggih dalam grafik dan sangat mudah dipahami. Kamera ini juga memiliki antarmuka pengguna full-touch yang mudah dinavigasi dan dipelajari.

Secara keseluruhan, Canon Rebel T7i mewarisi banyak fitur sebagai 80D kelas atas. Namun, ini lebih menarik bagi pemula karena ramah anggaran dan terjangkau. Khusus informasi buat anda kamera ini berharga Rp. 7 jutaan.

Panduan Pembeli Kamera untuk Pemula

Mana Yang Lebih Baik Kamera DSLR Untuk Pemula, Canon atau Nikon?

Ini tentu pertanyaan lama. Tapi di pasar saat ini, banyak hal berubah. Dan hari-hari ketika DSLR mendominasi pangsa pasar sudah berakhir. Sebaliknya, raksasa DSLR Canon dan Nikon membawa persentase pasar yang jauh lebih kecil.

Info Menarik Lainnya :   Si Mungil yang Canggih, Canon Powershot SX410 IS

Tetapi keduanya bukanlah cara terbaik untuk menjawab pertanyaan itu. Kedua produsen memiliki banyak pilihan DSLR untuk pemula. Dan setiap produk memiliki intuitif dan mudah dimengerti. Namun, mereka bukan satu-satunya yang aktif di bidang ini akhir-akhir ini.

Baik Panasonic maupun Fujifilm memiliki opsi yang sama kuatnya. Oleh karena itu, kamera terbaik menghasilkan selera pribadi dan bayak faktor yang mempengaruhi. So jadi mana yang terbaik untuk pemula? Jawabannya adalah sesuai dengan kebutuhan anda tentunnya! Jangan lupa juga dengan anggaran yang perlu anda keluarkan.

Apa Yang Harus Saya Cari Saat Membeli Kamera?

Sebelum membahas detail dan faktor individu yang perlu dipertimbangkan, penting untuk dipahami bahwa membeli kamera lebih dari sekadar terlihat. Membeli perangkat pasti masuk ke seluruh lensa dan ekosistem aksesori. Dan bagi banyak fotografer, ini permanen mengingat biaya yang terkait dengan perubahan sistem.

Sayangnya, bagaimanapun, beberapa ekosistem menawarkan lebih banyak keragaman daripada yang lain. Selain itu, tidak semua menyediakan interoperabilitas yang tepat melalui adaptor atau dukungan pihak ketiga khusus. Oleh karena itu, menyelidiki setiap opsi sebelum memutuskan merek tertentu akan membawa manfaat jangka panjang. Dengan melakukannya memastikan bahwa Anda menemukan ekosistem yang tepat untuk kebutuhan Anda tanpa biaya jangka panjang.

Kualitas Gambar – Kamera DSLR Untuk Pemula

Beberapa faktor digabungkan untuk menentukan kualitas gambar yang dihasilkan kamera. Namun, saat keterampilan Anda meningkat, Anda secara bertahap akan menjadi kurang bergantung pada perangkat itu sendiri. Namun, masih ada beberapa poin penting yang perlu diketahui.

Pertama, aspek terpenting dari kualitas gambar adalah ukuran sensor. Semakin besar sensor, semakin banyak cahaya yang dikumpulkan dan semakin baik kinerjanya dalam cahaya rendah. Kebanyakan DSLR entry-level memiliki sensor yang berukuran 1,6 kali ukuran smartphone. Dan ini adalah salah satu alasan utama fotografer baru pada akhirnya akan meningkatkan.

Berikutnya adalah kontrol aperture manual. Dengan mengontrol apertur secara manual, Anda dapat mengubah keburaman latar belakang untuk menciptakan area di luar fokus yang lembut di belakang subjek. Dan fitur ini merupakan keunggulan penting dibandingkan kebanyakan smartphone saat ini. Terakhir, stabilisasi gambar. Stabilisasi gambar mengurangi jangkauan tangan saat memegang perangkat.

Jika tidak distabilkan, goyangan ringan pada saat yang salah akan merusak gambar yang sempurna. Ada dua bentuk fitur ini, optik dan elektronik. Namun, secara umum, lensa yang distabilkan secara optikal menghasilkan hasil yang sangat baik.

Kemudahan Penggunaan Kamera DSLR Untuk Pemula

Butuh waktu untuk menguasai foto. Hal terakhir yang Anda butuhkan untuk memulai adalah kamera kompleks yang sulit dipelajari. Dan menu yang canggih dan antarmuka pengguna hanya membuat foto lebih menakutkan. Oleh karena itu, kamera pemula perlu menyediakan kontrol yang mudah dan gampang saat digunakan sehingga dapat mempelajari dasar-dasarnya dengan cepat.

Jadi, cari perangkat dengan tata letak dan kontrol yang masuk akal bagi Anda. Juga, cari opsi dengan banyak mode otomatis untuk membantu menyederhanakan pengambilan gambar yang baik sehingga Anda dapat memulai dengan percaya diri.

Perlu juga dipertimbangkan apakah model memberikan tip atau panduan di layar saat digunakan. Ini membantu menjelaskan dan menjabarkan berbagai pengaturan dan membuat proses lebih mudah. Dan meskipun ini adalah fitur yang biasanya diabaikan oleh sebagian besar pembeli, ini tentu saja merupakan fitur yang berguna.

Faktor Bentuk dan Ukuran

Ini adalah pertimbangan yang sering diabaikan oleh kebanyakan pemula. Namun, faktor bentuk dan ukuran umum perangkat itu penting. Tidak semua DSLR ini berukuran kecil dan ringkas. Dan hal terakhir yang Anda inginkan adalah membawa sesuatu yang besar dan tidak perlu.

Oleh karena itu, penting untuk menyelidiki faktor bentuk, berat, dan ergonominya terlebih dahulu. Secara umum, kebanyakan DSLR memiliki berat sekitar 550g dan tidak terlalu berat. Tetapi jika Anda menginginkan sesuatu yang lebih ramah perjalanan dan ringkas, cari opsi sekitar 400g seperti Canon SL3.

Kontrol Manual

Saat Anda menguasai dasar-dasarnya secara alami, Anda perlu mengontrol cara kamera menangkap gambar secara bertahap. Dan sayangnya, sebagian besar mode otomatis agak terbatas dalam hal ini. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui perangkat yang memungkinkan Anda mengontrol pengaturan eksposur dan fokus secara manual.

Info Menarik Lainnya :   Canon untuk Fotografer Profesional, Rekomendasi DSLR 2021

Dengan pengaturan ini, Anda memiliki kebebasan penuh untuk mengambil gambar yang Anda butuhkan. Dan Anda dapat melakukannya tanpa batasan. Namun, berhati-hatilah untuk tidak mencari opsi rumit yang tidak perlu. Ini karena ada lebih banyak elemen yang harus dipoles selama pemotretan. Dan itu bisa memperlambat alur kerja.

Selain itu, meskipun hampir semua kamera tidak memiliki kontrol manual lengkap atas proses pemotretan, tidak semua dapat dikontrol dengan mudah dan nyaman. Metode penyajian kontrol ini tergantung pada pabrikan. Untungnya, model terbaik menemukan keseimbangan yang sehat antara kontrol dan kemudahan penggunaan.

Lensa Yang Dapat Diganti

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dengan SLR, terlepas dari kemegahan optiknya. Dan seiring waktu, Anda tentu ingin menjelajahi perspektif dan sudut pandang lain. Saat itulah sistem lensa yang dapat dipertukarkan menjadi penting. Dengan kamera Mirrorless interchangeable-lens (ILC), Anda bebas menyesuaikan kemampuannya.

Sekarang Anda dapat memasang apa saja mulai dari lensa sudut lebar untuk lanskap hingga lensa telefoto untuk olahraga dan margasatwa. Kemungkinannya tidak terbatas, terutama jika Anda menemukan adaptor yang menggunakan lensa vintage yang lebih tua. Oleh karena itu, ILC, bukan perangkat lensa tetap, sangat ideal untuk keserbagunaan jangka panjang.

Body atau Kit/Perlengkapan Kamera DSLR Untuk Pemula

Saat melihat DSLR pemula, ada dua pilihan. Anda dapat memilih kamera itu sendiri, yang disebut “hanya bodi”, atau membelinya sebagai bagian dari kit. Dalam daftar khusus konsol, beli hanya perangkat itu sendiri. Dengan melakukan hal itu umumnya menghemat uang.

Namun, ini hanya opsi bagi fotografer lama yang sudah memiliki lensa untuk dipasangkan dengan perangkat. Oleh karena itu, tidak bijaksana untuk mendapatkan opsi body-only, karena kemungkinan lensanya belum siap. Sebagai gantinya, cari bundel kit yang mencakup perangkat dan lensa zoom variabel.

Beberapa kit juga menyertakan kartu SD, pembaca kartu, dan tripod. Ini adalah bonus besar. Bersama-sama, bundel ini menghemat uang dan kerumitan mencari aksesori secara terpisah. Ini juga menghilangkan kebingungan yang terkait dengan proses. Artinya, Anda dapat menemukan format dan kecepatan kartu SD yang tepat.

Berapa Banyak Uang Yang Perlu Di Keluarkan Untuk Kamera DSLR Untuk Pemula?

Budget tiap orang beda-beda. Tetapi tidak berlebihan untuk mengatakan bahwa kebanyakan pemula pada awalnya khawatir menghabiskan jutaan untuk membeli kamera baru. Bagaimanapun, ini adalah pertama kalinya anda mencoba sebuah foto dan anda harus memastikan bahwa itu adalah sesuatu yang anda nikmati dalam jangka panjang. Selain itu, Anda mungkin tidak menyukai ekosistem pertama yang Anda masuki pada awalnya. Oleh karena itu, Anda mungkin ingin mencoba merek lain.

Dan untuk alasan ini, kami merekomendasikan harga mulai dari 7 jutaan hingga 14 jutaan. Dan, terutama di DSLR entry-level, seringkali bahkan didorong dengan harga 14 jutaan. Anda bisa mendapatkan kekuatan dan fitur yang cukup dari DSLR Anda dengan harga sekitar 7 jutaan, jadi jangan khawatir jika anggaran Anda terbatas.

Fungsi dan Potensi Jangka Panjang

Semua kamera memiliki fitur yang berbeda, dan kebanyakan kamera DSLR umumnya memiliki fitur yang lebih sedikit daripada kamera mirrorless yang sebanding. Oleh karena itu, tergantung pada seberapa cepat keterampilan fotografi Anda meningkat, Anda mungkin perlu segera meningkatkannya.

Namun, opsi terbaik adalah yang kaya akan fitur-fitur canggih, sehingga ada ruang untuk pertumbuhan jangka panjang. Di bawah ini adalah daftar beberapa fitur canggih praktis yang dapat Anda pertimbangkan bersama dengan pencarian Anda.

Perangkat yang menyediakan daftar ini harus diprioritaskan jika membutuhkan fitur yang cocok untuk pertumbuhan jangka panjang.

  • Rentang dinamis tinggi (HDR)
  • video 4K
  • Fotografi 4K
  • Video gerak lambat
  • Time-Lapse
  • Komposit langsung
  • Pemotretan resolusi tinggi
  • Focus Stacking
  • Focus Bracketing
  • Multiple Exposures
  • Image Stabilization
  • Vertical Video
  • Panorama
  • Live Streaming

Kamera Lainnya: DSLR yang banyak dicari

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

gcam untuk opo f11

Leave a Reply

Your email address will not be published.