Tips Fotografer Pemula
Tips Fotografer Pemula

Tips Fotografer Pemula, Perbedaan SLR dan DSLR

Tips Fotografer Pemula, Perbedaan SLR dan DSLR

Tips Fotografer Pemula – Mungkin tampak tidak relevan untuk mengetahui perbedaan antara kamera SLR dan kamera DSLR, karena kamera DSLR telah memenuhi pasar sejak munculnya fotografi digital. Namun, pengetahuan tentang prinsip-prinsip dasar fotografi sangat penting bagi calon fotografer.

Meskipun terlihat ketinggalan jaman dan seringkali harganya lebih mahal daripada versi digital (karena penggunaan, pengembangan dan pencetakan film fotografi), kamera SLR memiliki banyak keunikan dibandingkan dengan kamera DSLR. Mengapa? Ada nuansa yang perlu dieksplorasi antara film dan gambar digital.

Selain itu, jika Anda serius ingin mengasah keterampilan fotografi Anda, atau jika Anda berencana untuk menjadi fotografer profesional suatu saat, pelajari cara menggunakan kamera SLR dan DSLR. Penting juga untuk mengetahui perbedaan antara kamera SLR dan DSLR.

Apa Itu Kamera Refleks Lensa Tunggal (SLR)?

Tips Fotografer Pemula – Kamera refleks lensa tunggal (SLR) menggunakan reflektor yang memungkinkan Anda melihat gambar optik melalui jendela bidik. Reflektor dimiringkan pada sudut 45 derajat dan terletak di antara lensa dan rana. Kaca tembus pandang dan prisma pada cermin memungkinkan gambar dipantulkan dan diproyeksikan ke jendela bidik.

Gambar dari reflektor memantul dari kaca tembus pandang, yang diproyeksikan ke prisma. Prisma menerima gambar terbalik, membalikkannya dan memproyeksikan gambar di sebelah kanan ke jendela bidik.

Setelah melihat gambar melalui lensa okuler, Anda dapat menyesuaikan fokus dan komposisi keseluruhan gambar yang Anda ambil sebelum mengambil gambar. Kemampuan akurasi inilah yang menjadi alasan mengapa fotografer profesional menggunakan kamera SLR. Tekan tombol rana untuk memulai pengoperasian. Kamera mengarahkan cermin ke atas sehingga tidak menghalangi dan gambar diarahkan ke film yang sedang diekspos. Inilah sebabnya mengapa finder menjadi putih saat Anda menekan tombol rana.

Bagaimana Kamera SLR Menggunakan Film Fotografi?

Kamera refleks lensa tunggal menggunakan film fotografi. Biasanya 35mm. Gambar yang diambil dengan kamera refleks lensa tunggal direkam pada film fotografi yang mengandung kristal perak halida mikroskopis dan fotosensitif. Resolusi, sensitivitas, dan kemampuan kontras film fotografi bergantung pada ukuran dan atribut kristal perak halida ini.

Info Menarik Lainnya :   Rekomendasi 5 Camera GoPro Terbaik

Saat Anda menekan tombol rana, Anda dapat mengekspos film fotografi untuk waktu yang sangat singkat, menghasilkan gambar yang tersembunyi namun tidak terlihat dalam emulsi film, tergantung pada cahaya yang diserap oleh setiap kristal halida.

Saat Anda mengembangkan film fotografi dengan bahan kimia, gambar laten menjadi terlihat sebagai gambar negatif dan Anda dapat mencetak gambar negatif ke gambar (atau foto) positif. Penggunaan film fotografi adalah perbedaan terpenting antara kamera SLR dan kamera DSLR.

Cara Mengoperasikan Kamera Refleks Lensa Tunggal

Karena kamera SLR menggunakan film fotografi, mereka membutuhkan lebih banyak langkah daripada kamera SLR. Menggunakan fitur seperti rewind release dan rewind crank dapat sedikit mengganggu, tetapi memahaminya tidak terlalu sulit.

Untuk membiasakan diri dengan fitur kamera SLR, mari kita bicara tentang fitur unik kamera SLR (sebagai kamera film).

Shutter Speed Dial?

Tombol kecepatan rana mengatur waktu film diekspos. Kenaikan dapat bervariasi tergantung pada usia kamera SLR. Untuk kamera dari tahun 1960-an dan seterusnya, peningkatan ditampilkan sebagai 1/500, 1/250, 1/125, dan seterusnya. Untuk kamera yang lebih tua, nilainya mungkin terlihat arbitrer.

Tombol Biasa atau Tombol ISO

ISO (terkadang ditandai ASA) menunjukkan kecepatan film yang Anda gunakan. Film memiliki kecepatan yang berbeda, jadi Anda perlu mengatur properti ini. Namun, beberapa kamera SLR (terutama kamera yang lebih baru) dapat membaca kecepatan film dari kontak listrik pada kartrid film. Kamera yang kompatibel dengan DX memiliki kontak listrik di dalam ruang film. Dengan kata lain, kecepatan film diatur secara otomatis, jadi Anda tidak perlu melakukannya.

Putar Ulang Rilis

Ini digunakan untuk memundurkan film setelah semua pengambilan gambar film telah habis. Selama pemotretan, film terkunci dan bergerak maju. Rilis mundur membuka mekanisme ini. Tombol-tombol tersebut biasanya berada di bagian bawah kamera, tetapi beberapa kamera mungkin berada di lokasi yang berbeda.

Info Menarik Lainnya :   Harga dan Spesifikasi GoPro Hero 6 Black di Indonesia

Rewind Engkol SLR

Anda dapat menggunakan engkol mundur, yang biasanya di sisi kiri, untuk memundurkan film ke dalam tabung. Tuas flip-out membuatnya lebih mudah untuk diputar. Beberapa kamera melakukan tugas ini secara otomatis atau dengan menekan sebuah tombol. Ini hanya beberapa kamera SLR yang perlu Anda ketahui. Ada beberapa hal yang dapat membantu untuk diketahui tentang pengoperasian salah satu kamera ini.

Tip penggunaan umum:

Hal pertama dan paling mendasar yang perlu Anda ketahui adalah jangan pernah memuat film di bawah sinar matahari langsung. Jika Anda menggunakan kamera SLR fokus manual, putar cincin fokus hingga Anda menemukan gambar yang paling jelas di jendela bidik.

Dengan kamera yang sepenuhnya manual, Anda perlu mengatur bukaan dan kecepatan rana secara manual. Pengukur jarum kecocokan jendela bidik menunjukkan apakah gambar terlalu terang atau kurang terang. Tekan rana setengah untuk mengukur cahaya.

Atur aperture, shutter speed, atau keduanya hingga jarum berhenti di titik tengah (kurang lebih). Jika Anda menggunakan film negatif, film ini lebih tahan terhadap pencahayaan berlebih, jadi tepat di atas titik tengah tidak akan berdampak besar pada bidikan Anda.

Tips Fotografer Pemula, Apa itu kamera SLR Digital (DSLR)?

Tips Fotografer Pemula – Kamera Digital SLR (DSLR) beroperasi dengan prinsip umum yang sama seperti kamera refleks lensa tunggal, kecuali bahwa kamera SLR digital menggunakan sensor gambar digital untuk merekam gambar. Gambar yang diambil (dan video) disimpan di kartu memori. Kartu memori dapat menyimpan ribuan gambar, sementara hanya beberapa gambar yang dapat ditangkap pada film fotografi.

Tidak seperti gambar yang diambil dengan film fotografi, gambar (atau video) yang diambil dengan kamera DSLR dapat langsung dilihat setelah pemotretan. Anda juga dapat menghapus atau menghapus gambar yang tidak memadai, memanipulasi atau mengedit gambar menggunakan fitur lain dari kamera DSLR, mentransfer gambar digital langsung ke komputer Anda, dan perangkat lunak yang lebih profesional (seperti Adobe Photoshop), Anda juga dapat mengoperasikan / mengeditnya.

Fitur tambahan yang sangat berguna untuk kamera DSLR baru adalah kemampuan merekam video yang tidak dapat dilakukan kamera SLR. Seperti kamera SLR, kamera DSLR menggunakan lensa yang dapat diganti-ganti. Kamera DSLR menggunakan fokus otomatis untuk memungkinkan penghitungan posisi lensa yang lebih akurat secara lebih akurat.

Info Menarik Lainnya :   Deretan Camera DSLR Yang Banyak Dicari di 2021

Kamera DSLR & SLR, Perbedaannya!

Seperti disebutkan sebelumnya, perbedaan utama antara kamera SLR dan DSLR adalah yang pertama menggunakan film fotografi dan yang terakhir menggunakan sensor gambar digital dan kartu memori untuk menyimpan gambar yang diambil.

Kamera DSLR juga menawarkan kenyamanan pratinjau langsung, yang mengurangi dugaan dan pemborosan dibandingkan dengan kamera refleks lensa tunggal yang harus menunggu film berkembang untuk menentukan apakah bidikannya bagus. Namun, meskipun kamera DSLR memiliki banyak fitur yang berguna, kamera SLR memberikan tampilan butiran film, kontras yang lebih baik, dan foto yang lebih tajam.

Karena kamera SLR tidak menampilkan pratinjau gambar yang diambil, ini sebenarnya menantang keterampilan fotografi Anda lebih dari kamera DSLR tanpa koreksi atau manipulasi foto.

Hasilnya sangat bergantung pada bagaimana cahaya digunakan dan rasa komposisi yang tajam saat menangkap gambar. Jika Anda serius dalam fotografi, Anda dapat melakukan keduanya secara efektif dengan mengasah keterampilan Anda dalam setiap aspek kerajinan Anda dan mendidik diri Anda sendiri tentang nuansa dan detail untuk memahami perbedaan antara kamera SLR dan kamera DSLR. Anda dapat lebih memahami cara menggunakannya .

Kesimpulan

Perbedaan antara kamera refleks lensa tunggal dan kamera refleks lensa tunggal digital sangat besar, tetapi kamera ini tidak begitu berbeda dalam beberapa hal. Apa pun kamera yang Anda gunakan, perlu diingat bahwa itu hanyalah alat. Anda masih seorang fotografer dan kamera hanya melakukan apa yang Anda inginkan. Pelukis tidak ditentukan oleh jenis cat yang digunakan. Cara pelukis menggunakan cat membuat karya seni menjadi unik. Prinsip yang sama berlaku untuk fotografi.

Mengetahui perbedaan antara kamera SLR dan kamera DSLR tidak menyurutkan Anda untuk menggunakan keduanya. Sebaliknya, karena sifatnya yang unik, masing-masing harus bereksperimen untuk memahami apa kekuatan dan kelemahan masing-masing dan untuk dapat menggunakan pengetahuan ini untuk keuntungan mereka.

Cara terbaik untuk mendapatkan pengetahuan adalah pergi ke sana, mengambil banyak foto dan menikmati pengalamannya!

Kamera lainnya: rekomendasi kamera untuk pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *